SOFT SKILL AND HARD SKILL

Menurut Prof. Achir Yani, ada 770 sekolah perawat di Indonesia yang meluluskan sekitar 3000 orang per tahun, sedangkan menurut kepala Badan PPSDM Depkes RI, hingga saat ini jumlah lulusan yang dihasilkan mencapai 32.000 orang hal ini akan memicu banyak pengangguran di tahun-tahun mendatang dan dibutuhkan perawat-perawat muda dengan jiwa entrepreneur dalam menciptakan lapangan kerja dan menghadapi kompetisi global secara profesional.
Namun, dokrin profesional yang mengandalkan kemanusiaan semata telah menngantarkan perawat pada pojok-pojok kemelaratan, tidak berdaya melawan eksploitasi profesi lain dan bahkan tidak mampu membiayai iklan guna membentuk citra positif (positif imaging) profesinya. Perawat sering diidentifikasikan dengan karaker negatif dalam film-film bertema horor dan mengerikan seperti Suster Ngesot serta sederet judul lainnya. Sebagai sebuah profesi yang mulia, perawat harus merespons semua hal itu dan perlu mereformasi cara berpikir dalam membangun soft skill perawat.
Seoranng entrepreneur adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan, mencari dan memanfaatkan peluang dalam mencapai apa yang diinginkan sesuai dengan yang diidealkan. Perbedaan seorang miwaswatawan dengan seorang entrepreneur adalah, entrepreneur cenderung bermain dengan risiko dan tantangan artinya, entrepreneur lebih bermain dengan cara memanfaatkan peluang-peluang tersebut. Sedangkan wiraswatawan lebih cenderung kepada seorang yang memanfaatkan modal yang dimilikinya untuk membuka suatu usaha tertentu.
Nursepreneur adalah rangkaian dari dua kata yaitu “nurse’ dan “entrepreneur” Nurse artinya seorang perawat, sedangakan Entrepreneur sendiri memiliki berbagai pengertian dan sifat, salah satunya yang disampaikan oleh John G. Burch. Entrepreneur memiliki sifat:
·         Berhasrat mencapai prestasi
·         Seorang pekerja keras
·         Ingin bekerja untuk dirinya
·         Mencapai kualitas
·         Berorientasi kepada reward dan kesempurnaan
·         Optimis
·         Berorganisasi
·         Berorientasi kepada keuntungan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOP KAMAR OPERASI

Bentuk dan Makna Logo RSUD dr. Fauziah Bireuen

ALLAH sebaik baik pemberi rezeki