AKSI NYATA MODUL 1.2.a10

Karya CGP 1 Aceh Utara

Intan Lestari. SP.d   


Latar Belakang

Kondisi kelas sebelum saya mempelajari modul ini, saya lebih  terbiasa berpikir cepat dalam memikirkan dan menghadapi semua masalah. Begitu juga dengan proses pembelajarannya saya lebih mengutamakan target pencapaian kurikulum tanpa memikirkan tekanan yang terjadi pada siswa. Saya hampir tidak memikirkan kelemahan mereka. Saya lebih menggunakan kekuatan directing supaya mereka harus mengikuti dan memnuhi target saya.

Dengan mempelajari modul ini saya mulai menanamkan nilai –nilai guru penggerak yaitu : Mandiri, Reflektif, Inovatif, Kolaboratif dan  mengutamakan Siswa.

Dalam hal mengutamakan siswa saya tidak lagi target KKM saya menurunkan level KKM permurid. Namun saya berusaha agar materi tetap dapat tersampaikan dan dimengerti walaupun persentasi pencapaian masing – masing murid tidak sama. 

Sebelum mempelajari modul ini saya berpikir kelas yang tenang dan siswa semua mengerjakan tugas yang saya berikan merupakan suatu keberhasilan bagi saya sebagai seorang guru. Ternyata hal tersebut salah, mereka tidak merasakan KEBAHAGIAAN, Mereka melakukannya karena rasa takut kepada saya.

Dikelas saya terdapat seorang murid yang tidak pernah menyelesaikan tugas yang diberikan semua guru mapel. Jika dipaksa maka murid tersebut baru mau menulis. Setelah mempelajari modul ini saya mencoba merubah suasana belajar yang menyenangkan.

 

Tujuan

  1. Murid menjadi merdeka dalam belajar tanpa tekanan
  2. Mengembangkan bakat yang berbeda beda pada setiap anak.
  3. Menciptakan murid yang berkarakter tetapi BAHAGIA.

 

Linimasa tindakan yang akan dilakukan

  • Membuat pembelajaran yang menyenangkan di luar kelas ( Ruang Berekspresi )
  • Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, mengaktifkan siswa dan menghidupkan pojok baca.
  • Menggali bakat siswa , berfokus pada masing – masing bakat siswa.

Kegiatan Pembelajaran yang menyenangkan saya lakukan di luar kelas, ini saya lakukan agar murid – murid merasa mereka sedang BERMAIN. Karena kodrat anak adalah BERMAIN.

 

Dampak Positif pada murid saya sebelumnya tidak pernah mengerjakan tugas , sekarang murid tersebut sudah mulai semangat dan focus mengerjakan tugas , padahal tugas Matematika yang biasa sangat ditakuti murid murid. 

Klik disini untuk dengarkan isi hati mereka 😎

 

Untuk kegiatan menggali bakat siswa saya  berfokus 

pada siswa yang pintar tetapi pemalu.

 

Salah satu murid saya pintar, teman – temannya selalu belajar dari murid tersebut. Tetapi untuk tampil di depan kelas murid saya tidak berani. Bakatnya untuk mentransfer ilmu dapat terlihat saat mengajarkan teman – temannya di saat saya tidak dikelas.

Dalam hal ini saya mencoba membuat pembelajaran dengan duduk ditikar sehingga suasana belajar tidak tegang. Kemudian murid tersebut saya beri kesempatan menjelaskan hasil kerjanya dan Rasa Percaya dirinya mulai tumbuh .

 

        Selain menggali bakat, saya juga terus berusaha memperbaiki kekurangan murid. Dikelas saya masih ada murid yang tidak dapat membaca dengan lancar. Kegiatan membantu mengajar murid – murid sudah lama saya lakukan sebelum mengikuti kegiatan CGP sejak pertengahan 2019. Namun terkendala karena covid maka sekolah dilakukan secara daring sehingga saya harus berhenti melakukan kegiatan tersebut. Saya mengajarkan murid yang masih belum lancar membaca dengan berkordinasi bersama wali kelas masing masing siswa yaitu kelas 1 s/d 6. 

Teman – teman wali kelas memberikan izin kepada murid  - murid tersebut belajar membaca dengan saya di saat jam mengajar saya kosong. Sekarang sejak tatap muka kembali saya hanya berfokus pada murid yang  ada d kelas saya saja untuk belajar membaca. Hal ini dikarenakan jam belajar yang disederhanakan. Saya berharap Semester 2 tahun 2020/2021 sudah kembali normal dan dapat melakukan kegiatan mengajar membaca untuk seluruh siswa yang masih belum lancar membaca dan memahami apa yang dibaca.

 

 

 

Untuk Pojok Baca dikelas saya sudah menghidupkan kembali , bahkan saya juga sudah mengajak rekan – rekan guru lain untuk menghidupkan pojok baca dikelasnya.

 

.

 

Tolak Ukur

-     Kebahagiaan siswa saat belajar dengan keberanian megekspresikan ide dan bakat yang tersimpan pada diri. Dan Terciptanya suasana belajar yang Bahagia dan siswa yang berkarakter.

 Kunjungi Juga Galleri Kami: Dokumentasi Pojok Baca dan Belajar Kelas Alam

 

    Dukungan yang dibutuhkan 

  1. Dukungan dari Kepala Sekolah memberikan sarana belajar yang dapat meningkatkan minat belajar ( contoh : memberi bahan membuat pojok baca/update, menambah pajangan kelas )  
  2. Dukungan dari rekan guru untuk memberi semangat siswa belajar dengan metode belajar di luar ruang kelas atau permainan.

 

Klik Disini Galleries: Motivasi Guru Sejawat

Galleries: Keceriaan Bersama CGP Aceh Utara/Pendamping dan Dewan Guru SDN 8 Muara Batu  

 

 

 

Demikian Serangkaian Cerita dan Proses dalam menerapakan metode dan modul program guru penggerak semoga bermamfaat khususnya buat pribadi dan buat rekan rekan pendidik dan pasar peduli pendidikan dimanapun keberadaannya

Akhirnya kehadhirat Allah SWT pula kita berserah diri, semoga ikhtiar sekecil apapun yang bisa kita perbuat dalam pendidikan ini menjadi amal ibadah dan dengan ini pula kita berharap Kasih Sayang Allah untuk Memudahkan urusan kita di akhirat kelak
Amin Ya Rabbal 'Alamin Wallahu A'lam Bisswab
                                   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOP KAMAR OPERASI

Bentuk dan Makna Logo RSUD dr. Fauziah Bireuen

ALLAH sebaik baik pemberi rezeki