Berdinas sambil beribadah di bulan Ramadhan

Bagi Perawat di lingkungan RS Fauziah khususnya Ruang ICU, menjalankan ibadah puasa memiliki banyak keutamaan baik untuk diri sendiri maupun hubungan sesama manusia serta hubungan dengan Allah SWT.  Hikmah menjalankan ibadah puasa berkaitan erat dengan amalan puasa yang dijalani, tidak terbatas hanya dengan menahan lapar dan dahaga, namun berkaitan pula dengan menjalankan amalan ibadah puasa Ramadhan lainnya, seperti bersedekah, itikaf, membaca Al-Qur’an, shalat tarawih, menghindarkan diri dari perbuatan yang haram, bagaimana melayani orang yg sedang membutuhkan serta kegiatan lain dalam kehidupan ini.

Bekaitan dengan datangnya bulan suci Ramadhan ini tentunya diharapkan mampu menjadi pilar dan motivasi bagi seluruh perawat untuk tidak bermalas-malasan bekerja tetapi berupaya  meningkatkan disiplin diri dan etos kerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, karena kita melakukan semua pekerjaan dengan niat karena Allah dan tentunya disertai doa agar apa yang kita kerjakan hendaknya selalu berada di jalan yang lurus dan diridhai oleh Allah SWT. orang diluar sering menyebutnya "lelah" akan berubah menjadi "lillah", memulai dengan "bismillah" insyAllah akan "berkah".

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, ampunan dan Rahmat serta kasih sayang dari Allah SWT.  Diwajibkan kepada seluruh orang Islam yang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan dengan tujuan agar menjadi orang-orang yang bertakwa, seperti dinyatakan pada QS Al-Baqarah 183 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Selain itu bulan yang penuh berkah ini hendaknya menjadi ajang intropeksi dan perbaiki iman, moral dan hati, sehingga dapat bekerja lebih optimal demi keselamatan pasien.
Makna dan hikmah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ditinjau dari sisi rohani dan jasmani, antara lain:


1. Melatih diri untuk tetap bersyukur kepada Allah SWT.

2. Melatih disiplin terhadap waktu

3. Memberi keseimbangan dalam kehidupan

4. Mempererat silaturahmi dan meningkatkan kepedulian kepada sesama

5. Mengetahui bahwa tiap tindakan Asuhan Keperawatan dan medis merupakan ibadah

6. Meningkatkan kehati-hatian dalam melaksanakan perbuatan.

7. Melatih diri menjadi lebih tabah dan sabar.

8. Melatih hidup sederhana.

9. Mencegah penyakit karena pola makan yang berkelebihan


 

 Selamat menunaikan Ibadah jaga ruangan

tetap semangat

utamakan keselamatan dari pada kecepatan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOP KAMAR OPERASI

Bentuk dan Makna Logo RSUD dr. Fauziah Bireuen

ALLAH sebaik baik pemberi rezeki