Like or Dislike

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan setiap kegiatan administrasi dan pelayanan disebuah unit pelayanan rumah sakit dan pelayanan keperawatan, caranya adalah membuat pola dan mekanisme kerja yang standar serta baku yang tertuang dalam standar operasional prosedur kerja. Pengelola organisasi penting memahami bagai mana menyusun standar operasional prosedur (SOP) yang baku untuk dijadikan panduan mekanisme kerja organisasi bukan dengan ujung jari ataupun dari sudut kaca mata sebuah kebijakan direalisasi. Pendokumentasian SOP diperlukan untuk menghasilkan system kualitas dan teknis yang konsisten danmempertahankan kualitas control serta menjaga mekanisme kerja tetap berjalan.

Berbicara masalah perawat sangatlah rumit, lengkap dan majemuk sekali pembicaraannya. secara global dunia perawat sangat maju pesat namun kalau kita liat dilapangan masih banyak PR kita yang belum selesai, tapi selalu dianggap selesai.

Mulai dari sistem pendidikan yang sudah mulai amburadul belum lagi setelah lulus harus berjuang hidup mati untuk membawa sehelai lembaran ijazah untuk bisa diterima bekerja. sampai saat tidak sedikit dari sejawat kita harus lari ke jurusan diluar terapan ilmu untuk bekerja belum lagi cerita untuk menghidupi hidupnya. memang tidak bisa kita pungkiri perawat mulai dari tingkat ekonomi yang masih melarat ada juga beberapa perawat yang sudah jadi konglomerat...dan ini masalah lagi dalam kehidupan berkeperawatan.. ironi memang πŸ‘ΉπŸ‘ΊπŸ’©.

Undang undang keperawatan telah lahir dan telah disahkan...selanjutnya tinggal kita mau kita bawa kemana, bagaimana kita menterjemahkan dan mensosialiasinya terutama untuk kita sendiri, saya berfikir untuk memahami itu pula butuh kecakapan dan tingkat intelektual pula..daaannn itu masalah lagi buat dunia kita untuk menyamakan persepsi ....

Setelah itu semua kita fahami barulah bisa kita membuat orang lain faham akan keberadaan kita untuk masa sekarang dan masa yang akan datang...

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOP KAMAR OPERASI

Bentuk dan Makna Logo RSUD dr. Fauziah Bireuen

ALLAH sebaik baik pemberi rezeki